Misteri Benua Atlantis, Benua Hilang yang Ditelan Bumi

>> Rabu, 18 November 2009


Atlantis adalah misteri terbesar tentang sebuah tempat yang tidak pernah terjamah oleh manusia modern. Bentangan daratan dengan peradaban tinggi yang tenggelam beberapa ribu tahun silam. Pada akhirnya Atlantis dikenang sebagai mitos, bahan penting untuk terus mereproduksi kisah dan tragedi lewat buku dan film.
Satu-satunya sumber mengenai keberadaan Atlantis berasal dari kitab karangan Plato, Timeaus and Critias yang ditulis 360 SM. Cerita tentang Atlantis ia dapatkan dari kisah perjalanan Solon ke kota Sais yang terletak pada distrik Sais, Mesir Kuno. Para pendeta di kota itu bercerita tentang sejarah yang telah dilupakan oleh orang-orang Yunani tentang sebuah bangsa besar yang pernah menyerang nenek moyang mereka ribuan tahun yang lalu. Selama tiga abad setelah kematian Solon, cerita itu terpendam begitu saja hingga Plato mengungkapkannya lagi dalam bentuk dialog.
Di dalam Timeaus and Critias, Plato menceritakan tentang asal usul negeri Atlantis, sistem pemerintahan, ritual serta bagaimana banjir dan gempa besar menelan negeri dan perabadan itu sembilan ribu tahun sebelum masa hidup Plato. Plato tidak menjelaskan dimana posisi peradaban yang tenggelam itu. Ia hanya menjelaskan bahwa bentangan neger itu sama luasnya dengan gabungan Libya dan Asia Minor dimana di depannya tepat menghadap selat yang disebut sebagai Pillar Hercules.
Hingga saat ini, Atlantis tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah manusia. Sebagian ahli menyebutnya sebagai mitos, lainnya menganggap itu kenyataan sejarah yang belum bisa diungkap oleh umat manusia. Lokasi tenggelamnya Atlantis menjadi inti perdebatan selama berabad-abad. Berbagai teori dan spekulasi muncul mengenai lokasi tenggelamnya. Lopez de Gomara menyatakan Atlantis terletak di Amerika. Kemudian tiga orang sejarawan Maya, Abbe Brasseur de Bourbourg, Augustus Le Plongeon dan Edward Herbert Thompson yang percaya bahwa orang-orang Indian Maya adalah keturunan langsung dari orang-orang Atlantis. Sebagian lagi mengangkat teori arkeolog Yunani Spyridon Marinatos yang menyatakan mitos Atlantis diambil dari kisah tenggelamnya Pulau Thera dekat Pulau Creta, Yunani.
Teori lainnya berasal dari William Lauritzen seorang Amerika yang coba menyelidiki keberadaan Atlantis secara komparatif dengan menautkan semua disiplin ilmu. Ilmuan itu berani memberikan hipotesa bahwa benua Atlantis yang tenggelam itu berada di lautan Nusantara. (lainnya….)Jadi dimanakah Atlantis sesungguhnya tenggelam???




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

HANT90 ON TWITTER